Selasa, 15 Oktober 2019

Perangkat Lunak Pada Komputer

Perangkat Lunak Pada Komputer

Memahami perangkat lunak adalah istilah umum untuk berbagai program yang berisi instruksi yang relevan untuk mengoperasikan komputer atau perangkat keras yang berhubungan. Software di Indonesia disebut perangkat lunak, karena perangkat lunak tidak bisa dilihat secara fisik, tetapi bisa bekerja.

Perangkat lunak ini dapat disimpan pada berbagai komponen perangkat keras (hardware). Perangkat lunak ini dapat disimpan dan dioperasikan secara manual oleh pengguna dalam media penyimpanan seperti hard drive, SSD dan DVD. Beberapa perangkat lunak disimpan secara permanen dalam hardware disebut firmware. Firmware adalah program kecil dengan hardware instruksi dasar yang biasanya dilakukan dengan bahasa pemrograman dari mesin.
Jenis fungsi perangkat lunak berbasis
Dalam dunia digital ada banyak jenis lain dari perangkat lunak yang dikembangkan untuk melakukan tujuan tertentu. Pada dasarnya, software dibagi oleh fungsi, yaitu, perangkat lunak sistem, perangkat lunak aplikasi dan malware.
Sistem perangkat lunak adalah perangkat lunak dibuat untuk melaksanakan instruksi terkait dengan pengelolaan sistem komputer. Contoh perangkat lunak sistem operasi sistem (Windows, MacOS, dll) dan Sistem Operasi Disk (DOS).

sistem operasi
Sistem operasi adalah perangkat lunak yang melakukan instruksi dasar yang berkaitan dengan pengelolaan perangkat lunak lain dan manajemen perangkat keras. Contoh: Windows, MacOS dan Linux.

konduktor
Driver adalah perangkat lunak yang bertindak sebagai perangkat komunikasi antara sistem operasi dan perangkat keras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa itu Software Driver Komputer

Apa yang dimaksud dengan perangkat lunak driver? driver perangkat lunak adalah driver yang berfungsi sebagai alat komunikasi antara aplikas...