Selasa, 15 Oktober 2019

Jenis distribusi perangkat lunak Komputer

Jenis distribusi perangkat lunak Komputer

Software atau perangkat lunak biasanya dibuat oleh perusahaan tertentu untuk memberikan layanan yang terkait dengan memenuhi persyaratan. Berikut jenis perangkat lunak dibedakan menurut mendistribusikan,

Shareware atau trialware
Shareware adalah jenis perangkat lunak yang didistribusikan secara gratis dengan mengembangkan untuk tujuan tertentu yang terkait dengan pemasaran perangkat lunak. Shareware biasanya memiliki fitur terbatas versi lainnya yang dihasilkan oleh pengembang. Dalam hal ini Shareware sebagian besar dalam uji coba (trial) dan Lite. Dalam versi trial, pengguna memiliki batas waktu untuk menggunakan versi uji.

Sebagai contoh: Internet Download Manager.

perangkat lunak komersial
Perangkat lunak komersial adalah jenis perangkat lunak yang didistribusikan untuk membayar lisensi instalasi paket dan penggunaan khusus untuk masing-masing komputer atau pengguna akun. software komersial memiliki mendukung kebijakan distribusi yang tepat dari software ilegal oleh lembaga pengguna penegak hukum.

Sebagai contoh: Microsoft Office, Corel Draw, dan MATLAB.

software freeware atau bebas
Freeware adalah jenis perangkat lunak yang didistribusikan secara gratis oleh pengembang. Freeware menyediakan pengguna versi lengkap. Freeware tidak memerlukan lisensi khusus untuk digunakan.

Misalnya: Google Chrome dan Mozilla Firefox

firmware
Firmware adalah perangkat lunak yang mengarah ke sebuah program yang menyediakan instruksi dasar yang dapat dilakukan oleh perangkat keras (hardware). Firmware didistribusikan gratis dan dilakukan secara berkala memperbarui waktu kegagalan. Firmware yang tersimpan dalam ROM tidak dapat dilakukan saat pembaharuan firmware yang tersimpan dalam EPROM untuk pemeliharaan.

Contoh: Firmware Arduino.

perangkat lunak open source
perangkat lunak open source atau perangkat lunak open source adalah jenis perangkat lunak kode sumber (source code) didistribusikan secara gratis oleh pengembang. Berbeda dengan freeware yang bebas, namun mereka masih belum mendistribusikan atau ikatan hukum plagiarisme. perangkat lunak open source dapat secara bebas didistribusikan dan dimodifikasi oleh pengguna secara gratis atau komersial tanpa izin khusus. perangkat lunak bebas biasanya dikembangkan oleh sebuah perusahaan dengan dukungan yang diberikan oleh masyarakat atau organisasi.

Contoh: WordPress dan Linux.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa itu Software Driver Komputer

Apa yang dimaksud dengan perangkat lunak driver? driver perangkat lunak adalah driver yang berfungsi sebagai alat komunikasi antara aplikas...