Selasa, 15 Oktober 2019

Beberapa Generasi Komputer

Fungsi C. Komputer
Contoh fungsi komputer dari kehidupan sehari-hari adalah

Menulis dokumen dapat dicetak.
akses internet.
Data proses untuk berbagai keperluan.
Memutar file media seperti gambar, video dan musik.
Menyimpan data digital.
Membangun sebuah sistem informasi yang membantu sebuah institusi, misalnya, sistem informasi universitas.
Dalam video game.
Pemrograman.
Desain penciptaan.
Presentasi.
Dan lain-lain.
D. Sejarah Komputer
Komputer yang kita kenal mulai dari abad ke-19, yang merupakan hasil dari penemuan seorang profesor matematika, yaitu, Charles Babbage. Dia merancang mesin analisis yang dapat melakukan matematika sederhana. Ini menjadi kerangka dasar pengembangan komputer berikutnya.

perkembangan IT
Secara umum, pengembangan generasi berikutnya dari komputer dibagi menjadi lima, yaitu:

generasi pertama komputer (1937 - 1946)
Komputer generasi 1 diprakarsai oleh Dr. John V. Atanasoff dan Clifford Berry. disebut Atanasoff-Berry Computer (ABC). Kemudian pada tahun 1943, perkembangan komputer di Inggris terikat oleh kepentingan Perang Dunia Kedua (Perang Dunia II) komputer yang disebut Colossus. Peralatan ini digunakan untuk memecahkan kode enkripsi mesin Lorenz SZ-40, mesin yang digunakan oleh Jerman untuk berkomunikasi jarak jauh melalui sinyal telegraf.
1943, menciptakan komputer digital pertama dengan tujuan yang sama, yaitu ENIAC (Electronic Numerical Integrator dan Computer). komputer memiliki berat 30 ton dan memiliki 18.000 tabung vakum sebagai unit pengolahan. Ketika komputer dihidupkan untuk pertama kalinya, semua lampu padam di Philadelphia.

Generasi pertama dari komputer adalah komputer yang dapat melakukan tugas, dan tidak memiliki sistem operasi.

generasi kedua komputer (1947 - 1965)
Pengembangan komputer generasi kedua ditandai dengan penemuan transistor menggantikan tabung vakum sebagai unit pengolahan. Transistor pertama diciptakan oleh Dr John Bardeen, Dr.walte H.Brattain, dan Dr William Scockley pada tahun 1947. Hal ini menyebabkan ukuran tim menjadi jauh lebih kecil, lebih ringan dan lebih hemat energi.
Pada tahun 1951, komputer pertama yang menggunakan transistor diterbitkan untuk tujuan komersial bernama UNIVAC pertama (Universal Automatic Computer 1). Kemudian pada tahun 1953, perusahaan teknologi IBM, melakukan jejak komputer komersial dengan 650 dan 700 seri di pasar.

Generasi kedua komputer adalah pesatnya perkembangan komputer mulai dari penggunaan transistor, penemuan memori komputer, sistem operasi, dan penciptaan lebih dari 100 bahasa pemrograman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa itu Software Driver Komputer

Apa yang dimaksud dengan perangkat lunak driver? driver perangkat lunak adalah driver yang berfungsi sebagai alat komunikasi antara aplikas...